Pages

Minggu, 12 Oktober 2014

PERANGKAT JARINGAN DAN KONEKSI INTERNET

BAB 2; PERANGKAT JARINGAN DAN KONEKSI INTERNET

A. Jaringan Komputer

  • Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer individu (personal computer) yang dihubungkan dengan menggunakan protokol Transmission Control Potrocol/Internet Potrocol (TCP/IP) .
  • Berdasarkan kriterianya, jaringan komputer dibagi menjadi 4 kelompok:

  1. Jaringan komputer lokal
  2. Jaringan komputer metropolitan
  3. Jaringan komputer skalaluas
  4. Interjaringan
        *   Jaringan Komputer Lokal (Local Area Network / LAN)
          Local Area Network/LAN merupakan jaringan milik pribadi didalam sebuah      gedung/kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. Jarak yang dapat dijangkau oleh LAN kurang lebih 10km. LAN seing digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor, sekolah, atau pabrik-pabrik untuk memakai resource secara bersama (misalnya printer, scanner) dan saling bertukar informasi. LAN dibedakan dari jenis jaringan lainnya berdasarkan 3 karakteristik yaitu ukuran, teknologi transmisi, dan topologinya.


  • Keuntungan Jaringan LAN

  1. Pertukaran file dapat dilakukan dengan mudah (file sharing)
  2. Pemakaina printer dapat dilakukan oleh semua client (printer sharing)
  3. File-file data dapat disimpan pada server sehingga data dapat diakses dari semua client menurut otorisasi sekuritas dari semua karyawan yang dapat dibuat berdasarkan struktur organisasi perusahaan sehingga keamanan data terjamin.
  4. File data yang keluar atau masuk dari dan serve dapat di kontrol
  5. Proses backup data menjadi lebih cepat dan mudah
  6. Resiko kehilangan data oleh virus komputer menjadi sangat kecil sekali
  7. Komunikasi antarkaryawan dapat dilakukan dengan menggunakan e-mail dan chat
       *     Jaringan Komputer Metropolitan ( Metropolitan Area Network atau MAN)
          Metropolitan Area Network(MAN) merupakan jaringan dengan daerah lebih luas dari LAN, dapat terdiri dari dua atau lebih LAN yang dihubungi bersama-sama dalam batas waktu tertentu. Jarak maksimum yang dapat dijangkau MAN adalah 80km. MAN hanya memiliki sebuah atau dua buah kabel dan tidak memiliki elemen switching yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa output kabel.


  • Keuntungan MAN

  1. Dapat berhubungan dengan jaringan tv kabel.
  2. Jangkauan lebih luas dari LAN.
  3. Lebih irit kabel jaringan, karena tidak terlalu membutuhkan banyak kabel jaringan.
      *        Jaringan Komputer Skala Luas( Wide Area Network atau WAN)
           Wide Area Network(WAN) adalah jaringan yang mempunyai jangkauan area sangat luas, misal antar pulau, negara, benua, angkasa. Contoh WAN yang sangat terkenal adalah internet.


  • Keuntungan Jaringan WAN
  1. Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai bank data dari kantor cabang
  2. Komunikasi antar kantor dapat menggunakan e-mail dan chat
  3. Dokumen/file yang biasanya dikirimkan melalui faksimile ataupun paket pos, dapat dikirim melalui e-mail dan transfer file dengan biaya yang relatif murah dan dalam jangka waktu yang sangat cepat
  4. Pooling dan updating data antarkantor dapat dilakukan setiap hari pada waktu yang ditentukan
         *        Interjaringan
               Internet merupakan jaringan komputer yang terhubung. Pada umumnya, untuk membangun sebuah jaringan internet membutuhkan peralatan jaringan, seperti repeater (penguat sinyal), bridge (penghubung antarjaringan) dan gateway. Komputer yang etrkoneksi ke internet merupakan bagian jaringan. Komputer terhubung ke internet dengan menggunakan modem yang terkoneksi ke sebuah internet service provider (ISP)   

  • B. Perangkat Keras Jaringan Berdasarkan Jenis Hubungann
  •    1. Hubungan Dial Up

              Hubungan yang paling sederhana sebuah komputer ke jaringan internet adalah dengan memanfaatkan jalur telepon yang terdapat dikantor atau dirumah. Jenis hubungan ini sering disebut DIAL UP CONNECTION.


  • Perangkat keras yang diperlukan untuk menghubungkan komputer dan internet dengan hubungan dial up sebagai berikut:
            #  Unit Komputer
              Unit komputer yang dibutuhkan terdiri dari monitor, sistem unit CPU, dan perangkat tambahan, seperti keyboard, web cam dan mouse.

           #   Modem (Modulator Demodulator)
             Modem adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk mengubah data analog menjadi data digital pada saat komputer mengambil data, atau mengubah data digital menjadi data analog pada saat komputer mengirimkan data. Terdapat dua jenis modem menurut penempatannya yaitu, modem eksternal dan modem internal. Modem eksternal adalah modem yang ditempatkan diluar komputer dan dapat dipindah-pindah dari satu komputer ke komputer lain. Modem internal adalah modem yang sudah terpasang di dalam komputer. 
   
modem eksternal

modem internal


          #    Jaringan Telepon
             Jaringan komputer ini sering dikenal dengan nama PSTN (Public Switch Telephone Network).  Selain itu, diperluka jasa perusahaan penyedia jaringan (ISP=Internet Service Provider) karena kita tidak dapat membuat jaringan sendiri, melainkan ada perusahaan penyedianya.


  • 2.Hubungan Leased Line
         Jika diartikan secara selintas, leased line adalah jalur(telepon) yang digantikan fungsinya menjadi jalur internet. Hubungan ini menggantikan fungsi jalur telepon menjadi jalur internet sehingga kita dapat mengakses internet selama 24 jam sehari secara permanen tanpa harus melakukan  dial up untuk koneksi kejaringan maupun melakukan disconnect untuk memutuskan hubungan dengan internet.

Pada jenis hubungan ini diperlukan perangkat lain yang dinamakan Router. Router adalah jenis khusus dari komputer yang secara dasar mempunyai komponen yang sama dengan komputer, seperti CPU, memory, sistem BUS dan berbagai perantara input atau output router menggunakan Internetwork Operating System(IOS).


  • 3. Hubungan Wireless (Tanpa Kbael atau Nirkabel)
          Hubungan wireless sama dengan hubungan leased line. Perbedaannya pada media yang digunakan. Wireless menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan dan menerima datanya. Frekuensi gelombang yang digunakan di Indonesia berada pada rentang 2,4Ghz (2.400.000.000Hz) dan 5,6Ghz (5.600.000.000Hz). Artinya dalam setiap detiknya pemancar gelombang tersebut akan memancarkan 2.400.000.000 sampai 5.600.000.000 gelombang. Alat pemancar dan penerima gelombang berfungsi untuk menerima gelombang data dari jaringan internet, kemudian diteruskan ke komputer kita melalui router dan juga berfungsi untuk memancarkan gelombang data dari komputer kita menuju jaringan internet melalui router.

  • Hal yang harus diperhartikan untuk menggunakan hubungan wireless adalah 

  1. Hubungan ini rentan terhadap cuaca sehingga perubahan cuaca disekitarnya akan banyak berpengaruh terhadap lalu lintas data
  2. Pemakain hubungan wireless sebaiknya digunkan jika hubungan melalui kabel sudah tidak memungkinkan.







4.Hubungan VSAT
         VSAT (Very Small Arpeture Terminal)memungkinkan terjadinya komunikasi data melalui satelit.

  • Perangkat keras yang digunakan dalam hubungan VSAT;

  1. Hub Station
        Hub station mengontrol seluruh operasi jaringan komunikasi. Pada hub station terdapat sebuah hubungan Server Network Management System(NMS). Yang memberikan akses pada operator jaringan untuk memonitor dan mengontrol jaringan komunikasi melalui integrasi perangkat keras dan komponen. Komponen perangkat lunak:

         *      Remote Station
             Sebuah remote station VSAT memiliki komponen komponen sebagai berikut

        #       Outdor Unit
             Outdor unit terdiri dari sebuah remoye station VSAT terdiri dari;
           a)  Antena
                Antena berfungsi memancarkan dan menerima gelombang radio RF. Antena yang dipakai dalam komunikasi VSAT adalah sebuah solid dish antenna yang memiliki bentuk parabola.

           b)  RFT
                RFT dipasang pada frame antena yang dihubungkan secara internal ke feedhorn. RFT terdiri dari LNA (Low Noise Amplifiers)  yang berfungsi memberikan penguatan terhadap sinyal yang datang dari satelit melalui antena dengan noise yang cukup rendah dan bandwith yang lebar (500Mhz) dan SSPA (Solit Stade Power) yang berfungsi untuk memperkuat daya sehingga sinyal dapat dipancarkan pada jarak yang jauh.
                                                  solid state power amplifier
                                               low noise amplifier
           c)  Up/Down Converter
                Perangkat ini memiliki dua fungsi yang berbeda yaitu sebagai up converter dan sebagai down converter. Up converter berfungsi untuk mengkonversi sinyal Intermediate Frequency(IF) atau sinyal frekuensi menengah (70Mhz) menjadi sinyal RF up link (5,925-6,425 GNz). Down converter berfungsi untuk mengkonversi sinyal RF Down Link (3,7MHz-4,2MHz) menjadi sinyal intermediate Frequency.

           d)  Indoor Unit
                Yang merupakan indoor unit adalah modem VSAT, yaitu perangkat yang berfungsi sebagai modulator dan demodulator. Modulasi adalah proses penumpangan sinyal informasi kedalam sinyal IF, demodulasi adalah proses memisahkan sinyal informasi digital dari sinyal IF dan meneruskannya keperangkat teresterial yang ada.


           e)  Satelit Geostasionar
                Satelit Geostasionar merupakan segmen angkasa pendukung layanan VSAT. Transponder memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut;

  1. Penerima sinyal. Frekuensi dari sinyal yang di uplink oleh VSAT atau Hub
  2. Translasi Frekuensi. Frekuensi dari sinyal yang diterima di translasikan ke frekuensi yang berbeda, dikenal sebagai frekuensi downlik.
  3. Penguatan


  • Pengaturan Koneksi Komputer ke Internet


  1. Dari tombol start, pilih Control Panel                                                                      
  2. Pilih network connection pada jendela control panel                                                              

  3. Pilih create new connection                                                                                                    
  4. Klik next pada new connection wizard                                                                                                        
  5. Pilih connect to the internet untuk memilih jenis koneksi jaringan, kemudian klik next                                                                                                                                                               
  6. Pilih set up connection manually untuk membuat pengaturan koneksi secara manual, kemudian klik next                                                                                                                          
  7. Pilih connect using a dial-up modem untuk memilih jenis koneksi dial up kemudian klik next                                                                                                                                                       
  8. Isi nama koneksi dengan nama mudah diingat                                                                                                
               
  9. Isikan nomor telepon yang akan diakses, kemudian klik next                                                                                        
  10. Isikan user name, password dan confirm password untuk membuat account kemudian klik next                                                                                                                                                              
  11. Klik finish untuk mengakhiri peraturan                                                                                                                 
     
  12. Untuk menyakinkanbahwa peraturan telah berhasil buka kembali jendela control panel , kemudian pilih network connection                                                                                                      
  • D.Sambungan Internet Dengan Dial Up
           #Membuat Sambungan Internet Dengan Dial Up
  1. Klik tombol start
  2. Pilih Connect to, kemudian pilih Dial Up Connection                                                                                        
  3. Setelah muncul kotak dialog Connect Dial Up Connection, ketikkan password yang sudah di setting pada pengaturan, yaitu telkom                             
  4. Tekan tombol Dial
  5. Saluran telepon akan membuat koneksi ke internet dengan menghubungi nomor yang anda cantumkan                                                                                                                                                   
  6. Jika password yang dimasukkan benar, maka komputer akan langsung terhubung pada internet sehingga dapat digunakan untuk mengakses internet                                                                   
  7. Jika gagal terhubung ke internet, ulangi langkah-langkah tersebut sampai berhasil terhubung ke internet

  • Jaringan Komputer
        Jaringan komputer adalah sebuah system yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah;
  1. Membagi sumber daya, misalnya berbagi pemakaian printer, CPU, memory atau harddisk
  2. Sarana komunikasi, contohnya surat elektronik, instant messaging, dan chatting
  3. Akses informasi, contohnya web browsing

  • Berdasarkan skalanya, jaringan komputer dibagi menjadi;
  1. Personal Area Network (PAN)
  2. Campus Area Network (CAN)
  3. Local Area Network (LAN)
  4. Metropolitant Area Network (MAN)
  5. Wide Area network (WAN)
  6. Global Area Network (GAN)
  • Jaringan Komputer Dibagi Menjadi Dua Jenis
  1. Client-Server
       Client server adalah jaringan komputer dengan komputer yang didesikasikan khusus sebagai server. Contohnya adalah www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Service/layanan yang diberikan oleh satu komputer, contoh jtk.polban.ac.id  yang merupakan satu komputer dengan multiservice, yaitu mail server, web server, file server, database server, dan sebagainya.

    2.   Peer to peer
      Peer to peer adalah jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya, dalam file sharing antar komputer dijaringan windows network neighbourhood ada lima komputer misalnya diberi nama A,B,C,D,E yang memberi akses terhadap file yang dimilikinya. 

  • Berdasarka topologinya jaringan komputer dibedakan menjadi;

  1. Topologi Bus
      Karakteristik Topologi Bus;
 A)  Node-node dihubungkan secara serial sepanjang kabel dan pada kedua ujung kabel ditutup dengan terminator
 B)  Sangat sederhana dalam instalasi
 C)  Sangat ekonomis dalam biaya
 D)  Paket-paket data saling bersimpangan pada suatu kabel
 E)  Tidak diperlukan hub, melainkan T-connector padsa setiap ethernet card
 F)  Problem yang sering terjadi adalah jika satu node rusak, maka jaringan  keseluruhan dapat down sehingga seluruh node tidak bisa berkomunikasi dalam  jaringan tersebut
                                  
     2.    Topologi Bintang
        
        Karakteristim topologi bintang;

A)  Setiap node berkomunikasi langsung dengan konsentrator
B)  Bila setiap paket data yang masuk ke konsentrator (HUB), kemudian dibroadcast ke seluruh node yang terhubung sangat banyak, maka kinerja jaringan akan semakin turun.
C)  Sangat mudah dikembangkan
D) Jika salah satu etherned card rusak,atau salah satu kabel pada terminal putus,maka satu kabel pada terminal putus, maka keseluruhan jaringan masih bisa berkomunikasi atau tidak terjadi down pada jaringan keseluruhan tersebut.
E)  Tipe kabel yang digunakan biasanya jenis UTP
                  
    3.     Topologi Cincin (Ring)
        
       Karakteristik Topologi cincin adalah;
 A)  Node-node yang dihubungkan secara serial disepanjang kabel, dengan bentuk jaringan seperti lingkaran         
B)  Sangat sederhana dalam layout seperti topologi bus
C)  Paket-paket data dapat mengalir dalam satu arah
D)  Problem yang dihadapi sama dengan topologi bus
                
     4.      Topologi Mesh

          Karakteristik topologi mesh adalah;
A)  Topologi mesh memiliki hubungan berlebihan antara peralatan-peralatan yang ada
B)  Susunanhya pada setiap peralatan ada didalam jaringan saling terhubung satu sama lain
C)  Jika jumlah peralatan yang terhubung sangat banyak, tentunya ini sangat sulit sekali untuk dikendalikan dibandingkan hanya sedikit saja peralatan yang terhubung

     5.       Topologi pohon (Tree)
            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar